Sabtu, 17 Desember 2011

PABRIK GULA MERAH TEKNOLOGY VACUUM

Pabrik Gula Merah Tebu.

 Pabrik Gula Merah 50/60 tcd

Tahun 2011 satu pabrik gula merah dengan teknology masakan hampa mulai dioperasikan,  terpasang dengan kapasitas 50/60 tcd extendable ke kapasitas up to 100 tcd begitu pula equipment siap dikembangkan untuk menghasilkan gula cair (liquid sugar) ,gula merah semut (brown sugar) maupun gula kristal putih (GKP).


Gula merah yang dihasilkan mempunyai beberapa kelebihan antara lain bebas dari residu preservative (pengawet) maupun bleached (Pemucat), sehingga aman untuk dikonsumsi baik konsumasi rumah tangga maupun sebagai bahan pemanis industri.
Analisa hasil produksi dibanding SNI seperti di bawah.

 Contoh Produks


 Produksi siap kirim

Analisa Usaha.
Analisa usaha tercermin dari harga pokok produksi yang masih mampu bersaing, dan dengan proyeksi NPV 5 tahun  positip cukup besar , Pay  Back Period kurang dari 5 tahun  dan IRR diatas 30%.


Equipment yang terpasang
.
1. Module Penerimaan dan Pemerahan Tebu.
- Loading gantry lengkap dengan electric hoist dengan meja tebu.


- Tandem mill terdiri dari satu unit two roll crusher dan 2 unit three roll mill dengan operasi wet crushing untuk mendapatkan milling eff app 90 % pada kap sd 60 tcd dan dengan pemambahan 1 unit three roll mill untuk extend sd kap 100 tcd tanpa melakukan repowering.


 Mill Tandem
Alir nira hasil pemerahan.
Ampas setelah gilingan kedua 
- Raw juice tank lengkap dengan static screen dan raw juice pum ke Module Pemurnian. 



2.Module Pemurnian.

Pemurnian dimulai dengan pemanasan nira kasar  melalui juice heater sampai temp app 100 celsius, terpasang satu unit juice heater untuk kapasitas 50/60 tcd dan perlu tambahan satu unit juice heater untuk extend kapasitas 100 tcd.
 Juice heatter dan tangki pengendap.

Pemurnian dengan system defikasi pada pH neutral dan percepatan pengendapan dengan penambahan polymer sebelum dimasukkan ke dalam tangki pengendapan, system dilengkapi dengan filter untuk penanganan nira kotor, nira yang sudah jernih dialirkan kedalam tangki nira jernih.
 Filter press.
 Clear juice tank (tangki nira jernih)

Penambahan susu kapur dengan dosing pump dan pengukuran pH periodic secara manual, pada extend kapasitas system dilengkapi dengan auto pH ajuster (dulcometer) sehingga stabilitas pH benar benar terjaga sesuai yang diinginkan.


3.Module Penguapan dan Pengentalan.
Penguapan double effeck untuk kapasitas 50/60 tcd dan perlu penambahan unit ketiga untuk operasi triple effect pada kapasitas 100 tcd.


 Tangki umpan nira dengan pemanas nira


 Pesawat penguap hampa double effect

Pengentalan/ masakan dengan satu  unit untuk menghasilkan produk gula cair maupun gula merah, waktu yang diperlukan untuk pengentalan gula merah dalam kisaran 2 jam sebelum massecuite siap dicetak , untuk produk gula kristal putih diperlukan tambahan satu atau dua unit pan masakan.
 Pesawat pengental/ masakan hampa single effect.

 Menurunkan gula merah dari pan masakan


4.Module Pencetakan.

Pencetakan dilakukan secara manual dan dapat dikembangkan dengan menambah palung pencetakan dengan double jacket untuk penghangat massecuite, sehingga tidak membeku selama masa pencetakan.






Pencetakan secara manual.

5.Module Bantu

Boiler sebagai sumber energy penguapan dan pemanasan nira, terpasang unit water tube boiler, vertical pipe dengan total heating surface app 120 sqm.




System penghampaan dengan multijet barometric condenser untuk operasi pengentalan , dan selama operasi kehampaan dapat mencapai 68 cm kolom air raksa.

 Multijet condenser terpasang diatas tower.

 Pompa condenser.

Investasi 

Investasi dalam kisaran Rp 100 juta sd Rp 130 juta per ton kapasitas perhari , pada nilai tukar uang app Rp 9.000 per US $.

  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar