MOVIE DOKUMENTASI

Loading...

Sabtu, 17 Desember 2011

TAHAPAN PENGOPERASIAN PABRIK GULA MINI

1.Tahapan individual test.

Tahap awal yang harus dilaksanakan adalah individual test ,masing masng equipment harus  memenuhi persaratan operasi misalnya tekanan ketel berikut system keselamatannya, milling effisiensi , pemurnian dan system control pemurnian, system kehampaan dan tingkat kehampaan  dll, koreksi koreksi kecil wajar dilakukan di pabrik baru apapun juga, dan umunnya di cantumkan dalam masa pemeliharaan selama satu musim giling.




 Mill test.


Purifier test




  Vacuum test (uji max vacuum dan kebocoran).


Boiler test dan safety valve ajusment.

Setelah semua module equipment proses memenuhi standart standart yang ditentukan barulah dinyatakan rangkaian peralatan proses siap dioperasikan.

2,Tahapan pelatihan Operator.

Kesiapan peralatan proses harus dibarengi dengan kesiapan operator, sehingga perlu dilakukan pelatihan pelatihan untuk mengenal proses pembuatan gula baik theory maupun praktek langsung di pabrik yang akan dioperasikan, tahapan ini merupakan sebagian dari "total harmonisasi" yang merupakan tuntutan keberhasilan. 





 
  





 Pelatihan operator theory maupun praktek adalah bagian dari tahapan mengoperasikan pabrik gula min baru, diperlukan waktu selama 3 minggu untuk pemberian materi theory dari mengenal tebu, mengenal bahan pembantu pengolahan, tahapan proses , tujuan proses dll diteruskan dengan  praktek per module proses.

3.Tahapan harmonisasi (TRIAL)

Adalah harmonisasi antara operator dengan semua peralatan yang telah disiapkan , lebih menitik beratkan skill operator untuk mengenal karakter dari tiap tiap peralatan, bagaimana mengoperasikan dengan benar dengan sangat memperhatikan keselamatan kerja , evaluasi minor minor  corection yang diperlukan dll, trial sampai dengan evaluasi hasil produksi dibanding dengan standart mutu yang telah ditetapkan.
Selama masa trial operator masih perlu didampingi instrukrur selama 3 sd 4 minggu, sampai para operator benar benar menguasai proses produksi.




 Diawali dengan doa bersama , mengharap kasih sayang Nya.

Menuurunkan tebu keatas meja tebu dengan electric hoist.



Pemerahan dengan imbibisi.







Produk siap kirim.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar